Doa Menuntun Kepada Pembaruan

Doa Menuntun Kepada Pembaruan

…dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalan-Nya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari surga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka. (2 Tawarikh 7:14)

Di dalam doa yang bersifat nubuatan yang dipersembahkan pada waktu bait suci ditahbiskan yang kini upacara-upacaranya sedang dipulihkan oleh Hiskia dan rekan-rekannya, Salomo telah berdoa, ”Apabila umat-Mu israel terpukul kalah oleh musuhnya karena mereka berdosa kepada-Mu, kemudian mereka berbalik kepada-Mu dan mengakui nama-Mu, dan mereka berdoa dan memohon kepada-Mu di rumah ini, maka Engkau pun kiranya mendengarkannya di Surga dan mengampuni dosa umat-Mu israel. ”1 Raja-raja 8:33,34.

Materai persetujuan ilahi tercantum di dalam doa ini; sebab pada akhir doa itu api telah turun dari langit untuk membakar persembahan dan korban-korban bakaran, dan kemuliaan Tuhan memenuhi bait suci itu. Lihat 2 Tawarikh 7:1. Pada waktu Tuhan menampakkan dari pada Salomo untuk mengatakan bahwa doanya sudah didengar, dan bahwa belas kasihan akan diberikan kepada mereka yang berbakti di sana….

Sudah bertahun-tahun lamanya Paskah tidak dirayakan sebagai pesta nasional. Terbaginya kerajaan itu sesudah berakhirnya pemerintahan Salomo telah menyebabkan hal ini tampaknya tidak dapat dijalankan. Tetapi hukuman mengerikan yang menimpa sepuluh suku itu menggerakkan hati beberapa orang yang menginginkan perkara-perkara yang lebih baik; dan pekabaran para nabi yang menggerakkan hati itu menunjukkan hasil-hasilnya….Yang keras kepala dengan mudah berbalik, tentunya mereka mempunyai kerinduan mencari Allah untuk memperoleh pengetahuan yang lebih jelas akan kehendak-Nya, ”merendahkan diri dan datang ke Yerusalem.”[2 Tawarikh 30:10, 11]-Patriarchs and Prophet, hlm. 335, 337.

Bagi israel yang menderita cuma satu obatnya-berbalik dari dosa-dosa yang telah mendatangkan hukuman Allah keatas mereka, dan dengan sepenuh hatinya berbalik kepada Allah. jaminan telah diberikan kepada mereka, ”bilamana Aku menutup langit, sehingga tidak ada hujan, dan bilamana Aku menyuruh belalang memakan habis hasil bumi, dan bilamana Aku melepaskan penyakit sampar diantara umat-Ku, dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari Surga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka.” 2 tawarikh 7:13, 14. Adalah untuk mengingat hasil yang diberkati pada masa yang lalu sehingga Allah tetap menahan dari mereka hujan dan embun sampai pembaruan yang ditentukan terlaksana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *