Menghitung Sampai 10

Disini ada seorang anak, yang mempunyai lima roti jelai dan dua ikan; tetapi apakah artinya itu untuk orang sebanyak ini?” – Yoh. 6:9

Fokus Pikiran: Hal-hal kecil apa yang Allah gunakan dalam hidupku akhir-akhir ini?

Dalam persiapan perjalanan misiku, aku berencana untuk mempelajari berbagai kata dan frasa warga Haiti Creole. Namun, tujuanku itu berada jauh dari daftar prioritasku sehingga saat aku tiba di sana, yang dapat aku ucapkan dalam bahasa Creole adalah angka satu sampai sepuluh.

Suatu sore aku berada jauh dari penerjemahku saat membantu siswa menjahit. Tugas para siswa adalah memotong berbagai potongan kain kecil untuk proyek kerajinan. Walaupun jauh dari penerjemah,aku mendapati bahwa aku bisa berkomunikasi dengan para siswa memakai gerakan tangan dan menghitungjumlah potongan yang akan dipotong tiap siswa. Kelihatannya sangat sederhana, tetapi melalui hal itu, aku tengah diingatkan bahwa Allah menggunakan hal-hal keciI.

Dalam bacaan hari ini, Yesus menggunakan lima roti dan dua ikan milik seorang anak kecil untuk memberi makan ribuan orang. Kemampuanku untuk menghitung sampai sepuIuh dalam bahasa Haiti Creole tidak sampai menolong ribuan orang, tetapi hal itu membantuku untuk menolong delapan siswa dalam menjahit. Sangatlah mudah untuk mengabaikan hal-hal kecil, tetapi Allah bisa mengubah hal-hal kecil yang kita tawarkan untuk menjadi berkat yang besar bagi diri send iri dan juga orang lain.

Doaku Hari Ini: Allah yang baik, bantulah kami untuk mengenali hal-hal yang kecil dalam hidup kami dan menggunakannya demi kemuliaan-Mu. Amin.