Gambar Besar

Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. -Ams. 3:6

Fokus Pikiran: Allah melihat gambaran besarnya.

Beberapa tahun yang lalu aku duduk di atas dek kapal kecil di sebuah kamp pemuda. Aku mengalami hari buruk dan semua hal sepertinya salah. Merasa sedih, aku pun tertunduk memandang sungai. Matahari baru saja terbenam dan sungai itu memantulkan pohon sedemikian rupa sehingga seolah olah sungai itu berakhir disana. Namun, karena beberapa kali melintasinya, aku tahu saat setelah berbelok membentuk sudut kira-kira 90 derajat, sungai itu tetap mengalir.

Pengalaman ini mengingatkanku bahwa sering dalam kehidupan kita merasa telah mengalami jalan buntu dalam sebuah situasi baik pekerjaan atau hubungan ataupun situasi yang membuat kita merasa tak ada jalan keluar. Dalam keadaan seperti ini sangatlah membantu jika kita mengingat bahwa Allah tahu apa yang ada di depan kita. Dia dapat melihat sungai secara keseluruhan dan tahu jika di tikungan sana ada hal yang lebih baik sudah menanti. Karena itu, jika kehidupan kita sepertinya menghadapi jalan buntu, kita dapat mempercayai Allah dan kemudian bertahan hingga di tikungan sungai itu.

Doaku Hari Ini: Bapa Surgawi Pengasih, saat kami merasa tidak pasti akan jalan yang ada di hadapan kami, bantulah kami untuk mempercayai-Mu dan mengerti bahwa kehendakĀ­Mu bagi kehidupan kami jauh lebih baik dari apa yang pernah kami harapkan dan bayangkan. Amin.